PASANG IKLAN DISINI (728 X 90)

Breaking News

[LIPUTAN] EKSOTISME MASJID AGUNG DAN WISATA GURUN PASIR DI BINTAN



Bintan? Apa sih yang terlintas dalam benak kita ketika menyebut "Bintan"? Pantai , Pasir Putih, Lagoi, Resort Mewah, dan Bule. Begitulah sekilas gambaran tentang Bintan. Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang berada di wilayah Kepri ( Kepulauan Riau ). Di Pulau Bintan juga ada salah satu kota yang menjadi Ibu Kota provinsi Kepri, yakni Kota Tanjung Pinang. Pulau Bintan terletak bersebelahan dengan pulau Batam dan tentunya tidak jauh dari Negara tetangga Singapura dan Malaysia. Wilayah yang sangat strategis ini membuat wisatawan baik itu asing maupun lokal banyak yang berkunjung di Pulau Bintan, karena di Bintan terdapat banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi dan dinikmati bersama keluarga.


Momen Lebaran ke empat atau lebih tepatnya pada hari Sabtu, tanggal  9 Juli 2016. Team Batam Event berkesempatan liburan ke Pulau Bintan bersama rekan rekan dari Piknik Cantik. Untuk menuju ke Bintan hanya bisa di tempuh melalui jalur laut saja, dikarenakan lokasinya yang di pisah oleh lautan. Dan untuk menuju ke Bintan bisa di tempuh melalui kota Batam maupun kota Tanjung Pinang. Namun saran kami lebih baik melalui kota Batam saja, karena jaraknya lumayan lebih dekat daripada melalui jalur Tanjung Pinang.

Rute perjalanan kita mulai dari pelabuhan punggur sesampainya di punggur sebenarnya ada dua pilihan untuk menuju ke Pulau Bintan, pertama menggunakan Kapal Fery dan yang kedua menggunakan kapal Roro. Jarak tempuh kapal ferry lebih cepat di bandingkan dengan menggunakan kapal roro yakni hanya 15 menit saja, sedangkan jika menggunakan kapal roro di butuhkan waktu kurang lebih 60 menit perjalanan. Karena biaya nya juga berbeda. Biaya kapal fery sekitar 55ribu per orang, sedangkan kapal roro hanya 20ribu per orangnya.

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi baik itu sepeda motor maupun mobil, kami sarankan menggukanan kapal roro, karena kapal roro ini mampu memuat ratusan mobil dan motor serta penumpang dalam sekali perjalanan.

Ketika jam menunjukan waktu 13.00 kapal roro yang kami naiki pun perlahan bergerak maju. Fasilitas di kapal roro ini lumayan banyak, di dalam kapal ukuran besar ini terdapat minimarket yang menjul berbagai makanan dan minuman, namun makanan dan minuman ini tidak gratis loh. Peumpamg harus menegeluarkan beberpa lembar uang untuk bisa menikmati makanan dan minuman di kapal roro. Disamping minimarket tadi, Di dalam kapal ini juga ada fasilitas toilet dan juga mushola, agar para penumpang bisa melakukan ibadah sholat tanpa terganggu selama di perjalanam.


suasana di dalam kapal roro


Perlahan namun pasti akhirnya kapal kami pun tiba di pelabuhan Tj Uban - Bintan tepat pukul 14.00, namun di karenakan ada kapal roro yg di depan kami td baru juga sampai, tepaksa kapal roro yang kami naiki menunggu hingga kurang lebih 30 menitan. Dan kemudian setelah mendarat dan turun dari kapal roro ini, kami menunggu sebentar karena mengambil kendaraan roda empat yang telah kita sewa sebelumnya.

Hari lebaran ini semua kendaraan yg biasanya di sewakan di dekat pelabuhan tj uban ini habis semua. Ucap bapak yang menyewakan mobil di sini. Akhirnya kami pun harus mau nerima mobil apapun yg di kasihkan, mengingat semua kendaraan sudah habis. Tak menunggu lama akhirnya kendaraan pun datang dan kita siap untuk melakukan awal mula perjalanan keliling Pulau Bintan.

Untuk lokasi yang perdana kita kunjungi ada dua tempat, yakni Masjid Baiturahman Bintan dan Wisata Gurun Pasir.


Masjid Baiturrahman Bintan.

Ini adalah kesekian kalinya mampir untuk menunaikan sholat dhuhur, dikarenan waktu yang sangat mepet banget, setelah keluar dari pelabuhan uban tadi kami mengisi bensin dan mampir sejenak ke masjid ini. Masjid ini merupakan ikon religi di pulau Bintan. Lokasinya tepat di atas makam pahlawan dan sebelum lampu merah , serta berada di kiri jalan.

Arsitektur masjid ini sangat indah dan elegan.Di masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak lima ribu jamaah, di tambah dengan serambi di luar bisa sampai sepuluh ribu jamaah. Lokasi Wc dan tempat wudhu berada di bawah masjid sebelah kiri. Tmpat parkir juga cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Tepat diatas tempat wudhu dan kamar mandi di design cukup luas sebagai tempat bersantai para musafir dr luar pulau maupun warga sekitar. Dari sini kita bisa melihat pemandangan sekitar masjid, karena letak masjidnya cukup tinggi.


Masjid Tampak dari sisi kiri

Para pengunjung yang berfoto di depan masjid


tampak dari Depan




Gurun Pasir Bintan.

Gurun pasir bintan ini menurut kami sih biasa biasa saja, hanya saja kalau di jadikan objek foto dengan latar belakang gurun ini membuat foto kita menjadi sangat bagus. Pasir ini sendiri adalah beberapa gundukan bekas penambangan pasir yang sudah mengeras. sehingga mampu membentuk suatu gundukan gundukan yang tidak teratur namun memberikan kesan yang seni yang sangat baik sekali. Gurun pasir ini letaknya di daerah Busung, dari Masjid Baiturrahman tadi, kita akan menemui lampu merah, nah jika kita ingin menikmati Gurun Pasir ini dari lampu merah tadi kita mengambil arah belok kekanan dan lurus mengikuti jalan raya. kalau dari sini lokasi gurun pasir ini terletak di sebelah kanan jalan.
Banyak sekali anak anak muda dari luar bintan yang mengabadikan momen di gurun pasir ini.


suasana gurun pasir dari depan

salah satu spot di gurun pasir

bisa di gunakan untuk foto sendirian


Di bawah ini adalah dokumentasi melalui video dari pelabuhan punggur, kapal roro , masjid agung serta gurun pasir di Bintan

Video Suasana Di pelabuhan  dan di Dalam Kapal Roro




Video Penampakan Masjid Agung dan juga Gurun Pasir nya


Tidak ada komentar